Apa Kelebihan Android Setelah di Root

Root adalah sebuah system akun yang memungkinkan pengguna dapat mengatur, menghapus dan menambah sesuatu pada system berbasis Linux termasuk Android. Jadi bisa dikatakan root itu ibarat akun untuk membuka system tertentu yang tidak bisa diakses jika belum melakukan root. Sebenarnya banyak sekali hal-hal menguntungkan jika kita sudah melakukan proses root, salah satunya pada beberapa aplikasi utility, seperti Root Explorer, yang berguna sangat banyak salah satunya untuk edit build.prop, menghapus aplikasi bawaan vendor dan lain lain.

Banyak sekali pengguna android mempunyai anggapan bahwa setelah kita melakukan root maka garansi yang ada pada smartphone kita akan hilang. Memang benar garansi akan hilang jika smartphone kita dalam keadaan root. Namun akan berbeda lagi ceritanya, karena ada juga proses unroot atau melepas kembali hak akses penuh kita. Setelah proses unroot maka smartphone kita akan kembali seperti pada awalnya, tidak mempunyai hak akses penuh

rooted

Kelebihan Android Setelah di Root

Dari sekian banyak kegunaan root pada handphone Android, berikut ini adalah 7 fungsi keren root pada handphone Android. Jika Anda memiliki pendapat, jangan sungkan untuk memberikan komentar pada kolom di bawah.

1. Menghapus Bloatware

Sebagian besar, sebuah handphone Android datang dengan dilengkapi aplikasi yang bahkan tak berguna dan tidak dipakai oleh penggunanya. Aplikasi tak berguna tersebut, biasa disebut bloatware.

Untuk hal yang satu ini, di handphone Android yang sudah di-root, Anda bisa menghapus atau menonaktifkan aplikasi tersebut. Untuk melakukan hal ini, salah satu cara mudah yang bisa Anda lakukan adalah menggunakan Gemini App Manager.

2. Instal ROM Custom

Hal inilah yang membuat handphone Android root paling menyenangkan. Terlebih di internet banyak ditemukan berbagai jenis ROM custom yang bisa saja menghasilkan performa yang jauh lebih baik dibandingkan dengan stock ROM.

3. Overclock CPU

Sebuah aplikasi bernama SetCPU bisa Anda gunakan untuk melakukan overclock pada handphone Android. Dengan aplikasi ini, Anda bisa mengatur dengan mudah kecepatan CPU yang Anda inginkan.

4. Merekam Video di Layar

Mengambil screenshot layar sudah biasa. Namun dengan handphone yang sudah di-root, Anda bisa memakai aplikasi bernama Screencast yang mampu mengambil screenshot rekaman video layar handphone Android Anda. Nantinya, video hasil rekaman memiliki format MP4.

5. Backup Apapun

Berbekal aplikasi Titanium Backup, Anda bisa membackup segala yang ada di handphone Anda sekaligus. Dari data, aplikasi yang telah terinstall, aplikasi sistem dan lain-lain.

6. Menghapus Iklan

Dengan memakai aplikasi AdFree, layar di handphone Anda akan terbebas dari iklan-iklan yang biasa nongol pada aplikasi gratisan.

7. Menggunakan Wi-Fi hotspot dengan gratis

Beberapa operator wireless tidak memungkinkan pengguna untuk berbagi koneksi internet secara bebas melalui smartphone mereka dengan perangkat lain. Sebaliknya, mereka memerlukan biaya bulanan untuk fitur tersebut. Namun pengguna root memiliki cara menyiasati keterbatasan itu, dan hal itu dapat dilakukan dengan menggunakan aplikasi seperti Wireless Tether. Perangkat lain, seperti laptop, tablet, smartphone, Anda bisa terhubung dengan handset rooted melalui Wi-Fi atau Bluetooth untuk mengakses internet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>